LAPORAN
LEMBAR
PENGESAHAN
Disusun oleh:
No
|
Nama
|
Kelas
|
No.
Absen
|
Tanda
Tangan
|
1.
|
Susana
|
XI Ak 4
|
15
|
1.
|
2.
|
Tria Puspitarani
|
XI Ak 4
|
18
|
2.
|
3.
|
Umi Maisaroh
|
XI Ak 4
|
23
|
3.
|
4.
|
Yayuk
|
XI A k 4
|
32
|
4.
|
Telah
diperiksa dan disetujui oleh:
Magetan, Desember 2014
Ketua Komp. Keahlian Pembimbing Sekolah
Drs.Aman Mohammad Syah M.M. Dra. Wiwik
Widiastuti M.M.
NIP. NIP. 19660901 200501 1 010 NIP. 19670307 199412
2 002
Mengetahui
Kepala SMK Negeri 1 Magetan Kepala DU/DI/Instansi
Drs. BUDIYONO, M.Pd. dr. Harry
Susanto, MM
NIP. 19640321 199003 1 007 NIP.19550917 198312
1 001
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul....................................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN........................................................................ ii
DAFTAR ISI................................................................................................... iii
KaTA PENGANTAR..................................................................................... iv
Daftar Isi................................................................................................... v
Daftar LAMPIRAN................................................................................... vii BAB I
PENDAHULUAN........................................................................................... 1
A.
Latar Belakang .................................................................. 1
B.
Tujuan................................................................................. 6
BAB II PROSES KEGIATAN............................................................. 13
A.
Deskripsi Kegiatan............................................................. 13
1.
Persiapan..................................................................................................... 13
2.
Pelaksanaan Kegiatan................................................................................. 13
3.
Hasil yang Dicapai...................................................................................... 13
B.
Temuan/Pengembangan...................................................... 13
1.
Faktor Pendukung dan
Penghambat.......................................................... 13
2.
Rencana Tindak Langjut............................................................................ 13
BAB III PENUTUP................................................................................ 71
A.
Simpulan............................................................................. 71
B.
Saran................................................................................... 72
LAMPIRAN-LAMPIRAN.............................................................................. 77
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
Alhamdulillah
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas campur tangan-Nya
sehingga penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat
terselesaikan dengan baik. Dan laporan ini sebagai bukti untuk memenuhi bahwa
kami akan melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di KANTOR DINAS
KESEHATAN KAB.MAGETAN.
Penyusunan
Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini kami susun dengan sangat baik
agar kegiatan Praktek Kerja Industri yang kami laksanakan berjalan lancar di
Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI).
Demikian
Laporan ini kami buat dan kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak
yang turut membantu dalam upaya penyelesaian Laporan ini. Kami juga menyadari
apabila masih banyak kekurangan dari Laporan yang kami buat mohon dimaklumi.Dan
semoga Laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan dan bermanfaat
bagi semua pembaca.
Amiin.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Magetan, Desember 2014
XI
AKUNTANSI
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG PRAKERIN
Praktik Kerja Industri yang disingkat
dengan “prakerin” merupakan bagian dari program pembelajaran
yang harus dilaksanakan oleh setiap peserta didik di Dunia Kerja, sebagai wujud
nyata dari pelaksanaan sistim pendidikan di SMK yaitu Pendidikan Sistim Ganda
(PSG). Program prakerin disusun bersama
antara sekolah dan dunia kerja dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik
dan sebagai kontribusi dunia kerja terhadap pengembangan program pendidikan
SMK. Dengan prakerin peserta didik dapat menguasai sepenuhnya aspek-aspek
kompetensi yang dituntut kurikulum, dan di samping itu mengenal lebih dini
dunia kerja yang menjadi dunianya kelak setelah menamatkan pendidikannya.
Pelaksanaan Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN) dilaksanakan selama tiga (3) bulan, Dikarenakan dalam rangka pengembangan program sekolah menengah
kejuruan dan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan serta menyediakan
tenaga kerja yang professional tingkat menengah yang berksualitas perlu
berorientasi pada dunia usaha/industri, maka diperlukan program pembinaan dan
pengembangan pendidikan sekolah menengah kejuruan yang diupayakan untuk
menyiapkan tenaga yang terampil dengan profesionalisme dan etos kerja yang
tinggi. Salah satu permasalahan yang dihadapi saat ini adanya pernyataan bahwa
kemampuan tamatan sekolah menengah kejuruan belum cukup diakui oleh masyarakat
dan dunia usaha/industri sehingga masih ada bahwa tamatan sekolah menengah
kejuruan belum siap pakai.
Hal ini
terjadi antara lain karena antara sekolah dengan dunia usaha industri belum terjadi
“ Link and Mach “ dalam arti belum
adanya keterkaitan antara sekolah dengan dunia usaha / industri, dan belum
adanya kepadanan antara kurikulum sekolah dengan dunia usaha/industri,
seharusnya antara sekolah menengah
kejuruan dan dunia usaha /industri saling mengisi dan saling mendorong secara integrative untuk memacu produktifitas
nasional dalam mengatasi globalisasi yang menuntut keunggulan komperatif dan
kompetitif.
Melalui pendekatan “ Link and Match “ dengan Pendidikan
Sistem Ganda (PSG) maka siswa sekolah menengah kejuruan yang dapat
mengoptimalkan aktivitas dan dapat mengembangkan sikap professional. Salah satu
komponen PSG dalam rangka pengoptimalan dimaksud adalah Praktek Kerja Industri
(Prakerin).
B. TUJUAN
Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) ditunjukan untuk membentuk supaya memiliki professional kerja antara lain :
1.
Meningkatkan,memperluas dan
menetapkan keterampilan yang membentuk kemampuan siswa sebagai bekal untuk memasuki
lapangan kerja yang sesuai dengan program keahlian dan disiplin ilmunya.
2.
Menumbuh kembangkan dan memanfaatkan siswa
professional yang diperlukan siswa untuk memasuki lapangan kerja sesuai
dengan bidangnya.
3.
Meningkatkan pengalaman siswa
ada aspek-aspek usaha yang potensial dalam lapangan kerja.
4.
Memberikan kesempatan pada
siswa untuk memasyarakatkan diri pada sesuatu atau iklim lingkungan kerja yang
sebenarnya, baik sebagai pekerja maupun sebagai pekerja mandiri, terutama yang
berkenaan dengan disiplin kerja.
5.
Meningkatkan, memperluas dan memantapkan
proses peyerapan teknologi baru dari lapangan ke sekolah dan sebaliknya.
6.
Memperoleh masukan untuk
memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan kejuruan.
7.
Menjalin kerjasama dengan dunia
usaha secara institusional untuk memberikan peluang masuk dan ditempatkannya alumni.
BAB II
PROSES
KEGIATAN
A.
DESKRIPSI KEGIATAN
Di
Dinas Kesehatan ( DINKES ) Kabupaten Magetan terdapat beberapa bagian atau
bidang yang mempunyai tugas sendiri-sendiri dimana maasing bidang mempunyai
tanggung jawab yang berbeda – beda dalam tugasnya, Bidang-bidang yang terdapat
di Dinkes Kabupaten Magetan diantaranya adalah:
a.
BIDANG SEKRETARIAT
Sekretariat
mempunyai tugas melaksanakan administrasi ,koordinasi,, perencanaan monitoring
dan evaluasi , pembinaan administrasi .rumah tangga, ketertiban , keamanan , Mengelola urusan surat menyurat, kearsipan,
keprotokolan, penyelenggaraan rapat dan perjalanan dinas
1.
Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
·
Memiliki tugas melaksanakan
tugas surat menyurat dan pengetikan
·
Melaksanakan penggadaan barang
dan jasa
·
Menyelenggarakan administrasi
kepegawaian , meliputi pengumpulan data kepegawaian pembuatan buku induk dan
mutasi kepegawaian
2.
Sub Bagian Keuangan
·
Mengumpulkan dan mengolah bahan
untuk penyusunan anggaran keuangan
·
Menyiapkan anggaran belanja
langsung dan belanja tidak langsung
·
Menyelenggarakan tata usaha
keuangan
·
Menyiapkan bahan laporan
pertanggung jawaban keuangan
·
Menyelenggarakan urusan tata
usaha perjalanan dinas
·
Menyelenggarakan tata usaha
gaji pegawai
·
Melaksanakan evaluasi anggaran.
3.
Sub Bagian Perencanaan , evaluasi dan pelaporan
·
Merencanakan pengumpulan data
sebagai bahan penyusunan laporan
·
Mengkoordinasikan penyusunan
program kegiatan
·
Melaksanakan monitoring
b.
BIDANG PELAYANAN KESEHATAN
Mempunyai
tugas menyusun rencana, mengkoordinasikan melaksanakan pembinaan dan pengawasan
dan pengembangan serta evaluasi pelayanan kesehatan, akreditasi reistrasi dan
sertifikasi usaha-usaha di bidang kesehatan serta promosi kesehatan.
Di bidang pelayanan kesehatan
terdapat beberapa sub bagian antara lain
1.
Seksi Kesehatan Dasar Khusus dan Rujukan
·
Mengumpulkan , menganalisa dan
mengevaluasi data tentang upaya pelayanan kesehatan dasar , khusus dan rujukan
·
Mengkoordinasikan pelaksanaan
pelayanan kesehatan di daerah perbatasan, terpencil, rawan bencana, dan
pertolongan pertama pada kecelakaan
2.
Seksi Akreditasi Registrasi dan Sertifikasi
·
Mengumpulkan , menganalisa dan
mengevaluasi data tentang upaya pelayanan kesehatan swasta
·
Melaksanakan proses akreditasi
, regristrasi , sertifikasi dan perijinan bidang kesehatan
3.
Seksi Farmasi Makanan Minuman dan Perbekalan Kesehatan
·
Menyiapkan perencanaan dan
penyediaan kebutuhan obat pelayanan kesehatan dasar , alat kesehatan dan
regenesia
·
Melaksanakan pembinaan dan
pemantauan terhadap produsen dan tempat pengelolaan makanan minuman
c.
BIDANG KESEHATAN KELUARGA DAN GIZI
Bidang
Kesehatan Keluarga Dan Gizi mempunyai tugas menyusun, melaksanakan,
melaksanakan dan membina peningkatan program kesehatan ibu , bayi, balita, anak
dan remaja, kesehatan reproduksi, upaya perbaikkan gizi, dan peningkatan usia
lanjut
Di Bidang Kesehatan Keluarga Dan
Gizi terdapat beberapa sub bagian antara lain :
1.
Seksi Kesehatan Anak dan Usia
Lanjut
·
Mengumpulkan, menganalisa dan
mengevaluasi data tentang kegiatan pelayanan kesehatan usia sekolah, remaja,
dan usia lanjut
·
2.
Seksi Kesehatan Ibu , Balita dan Kesehatan Reproduksi
3.
Seksi Gizi
d.
BIDANG PENGENDALIAN PENYAKIT DAN PENYEHATAN
LINGKUNGAN
Bidang
Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan mempunyai tugas merencanakan ,
mengkoordinasi, melaksanakan pemantauan dan mengevaluasi kegiatan pencegahan,
pengamatan, pengendalian dan pemberantasan penyakit serta penyehatan
lingkungan.
Di Bidang Pengendalian Penyakit
Dan Penyehatan Lingkungan terdapat beberapa sub bagian antara lain :
·
Seksi Pemberantasan Penyakit
·
Seksi Pencegahan dan Pengamatan
Penyakit
·
Seksi Penyehatan Lingkungan
a.
PERSIAPAN
Dua Minggu sebelum menuju ketempat prakerin maka setiap kelompok
dalam suatu instansi tersebut harus menyususn peroposal kegiatan prakerin,
Proposal tersebut dikerjakan setelah dua minggu siswa berada di tempat
prakerin,
b.
TEMPAT DAN PELAKSANAAN KEGIATAN
Pelaksanaan Kegiatan Prakerin
selama tiga ( 3 ) bulan Di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan yang
beralamatkan di Jl. Imam Bonjol No. 4
Magetan . Pelaksanaan kegiatan Prakerin dimulai pada tanggal 1 Okteober 2014 dan
berakhir sampai dengan tanggal 31 Desember 2014.
Adapun jadwal kegiatan jam kerja adalah sebagai berikut :
Hari
|
Jam Masuk
|
Jam Istirahat
|
Jam Pulang
|
Minggu
|
Libur
|
Libur
|
Libur
|
Senin
|
07.00 WIB
|
12.00 WIB
|
13.00 WIB
|
Selasa
|
07.00 WIB
|
12.00 WIB
|
13.00 WIB
|
Rabu
|
07.00 WIB
|
12.00 WIB
|
13.00 WIB
|
Kamis
|
07.00 WIB
|
12.00 WIB
|
13.00 WIB
|
Jum’at
|
06.30 WIB
|
11.00 WIB
|
11.00 WIB
|
Sabtu
|
Libur
|
Libur
|
Libur
|
Jadwal diatas khusus anak yang
prakerin sedangkan untuk para pegawai jam
masuk dan jam istirahatnya sama yang
membedakan jam pulang yaitu jam 16.00
2.
HASIL YANG DICAPAI
Selama
3 bulan melaksanakan prakerin di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, kami
memperoleh hasil antara lain dapat mengetahui seluk beluk dunia kerja antara
lain :
1.
Dapat mengetahui prosedur
pembuatan dan pengiriman surat.
2.
Dapat menerapkan prinsip teliti
dan hati-hati saat mengerjakan tugas.
3.
Dapat menerapkan kerapian dalam
penataan arsip.
4.
Dapat meningkatkan kemampuan
pengoperasian perangkat lunak ( Ms. Word maupun Ms. Excell).
B, TEMUAN / PENGEMBANGAN
- Keterlaksanaan ( Faktor Pendukung
dan Penghambat )
Dalam suatu kegiatan baik yang diadakan di
dalam (intern) maupun yang di pendukungnya, karena bagaimanapun juga kedua hal tersebut akan
selalu ditemukan dan dihadapi.
1.
Berikut ini faktor Pendukung dalam
pelaksanaan Prakerin pada .Di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan
- Pembimbingan kepada peserta prakerin baik yang
dari fihak sekolah maupun dari kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan
- Dari pihak Kantor Dinas Kesehatan memberikan penuh kepercayaan.
2. Berikut ini faktor Penghambat dalam pelaksanaan
Prakerin Di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan
- Fasilitas mesin yang dipakai terbatas
- Tempat kerja sangat terbatas, sedangkan pekerjaan
harus segera diselesaikan
- Manfaat yang
dirasakan
Ø BAGI PERUSAHAAN/ INSTANSI
1. Perusahaan mendapat tenaga tambahan.
2. Perusahaan Industri atau Jasa dapat
memanfaatkan pengetahuan serta ketrampilan
siswa.
3. Perusahaan dapat meningkatkan
Effisiensi, Produktivitas.
Ø BAGI SISWA
1. Dapat mengerti lingkungan kerja
secara nyata.
2. Mendapatkan kesempatan meningkatkan
efisiensi dan produktivitas.
3. Mendapatkan ilmu yang baru berdasarkan aktivitas perusahaan.
4. Memperoleh pengalaman tentang
bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya,sehingga siswa nantinya akan memiliki
profesionalitas yang tinggi dalam bekerja.
KEWAJIBAN
Agar pelaksanaan praktek tersebut dapat memperoleh hasil yang maksimal,
maka masing–masing pihak mempunyai kewajiban yang harus dilaksanakan yaitu :
Ø SISWA
1.
Mematuhi peraturan dan prosedur yang ditetapkan Instansi, serta peraturan
sekolah yang
2.
bersangkutan. Mempersiapkan diri dengan materi kerja.
3.
Menjaga nama baik sekolah.
4.
Menjaga nama baik Instansi tempat
PRAKERIN.
5.
Menyusun laporan praktek kerja.
Ø SEKOLAH
1. Memberikan penjelasan umum
mengenai cara pelaksanakan Praktek Kerja.
2. Membekali siswa dengan pengetahuan
penulisan laporan kerja.
Ø INSTANSI
1. Menunjuk seorang Staff/ Pegawai yang
akan ditugasi sebagai pembimbing.
2. Menunjukkan tempat/ Unit divisi dalam
Instansi yang akan dijadikan tempat pelaksanaan praktek kerja.
3. Menunjuk jenis pekerjaan yang harus dilakukan siswa.
BAB 3
PENUTUP
1. Kesimpulan
Kesimpulan yang
diperoleh dari PRAKERIN
(Praktek Kerja Industri ) antara lain :
1. Komunikasi dapat
terjalin dengan baik antar bagian organisasi di Kantor Dinas Kesehatan Magetan dengan siswi yang
prekerin di sana.
2. Selama melakukan
praktek kerja industry (PRAKERIN) kami menemukan jati diri selama berada
dan berinteraksi dalam lingkungan masyarakat luas
3. Berinteraksi atau
menggeluti dunia usaha tidak mudah, ada banyak hal yang perlu dilakukan, agar
orang melakukan hubungan kerja dengan Relasinya dapat menjalin hubungan kerja
dengan baik dan harmonis.
2 Saran
Kami
menyadari keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, namun walaupun
demikian akan mencoba memberi saran yang mungkin akan dapat membangun. Adapun
saran tersebut antara lain :
1. Dengan adanya program kerja praktek ini diharapkan
terjadi hubungan kerja sama yang baik antara pihak SMK NEGERI 1 MAGETAN dengan perusahaan atau
instansi tempat pelaksanaan praktek kerja industry.
2. Dalam penerimaan dan
penempatan para siswa yang melaksanakan Kerja Praktek, hendaknya
mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa, sehingga siswa dapat
mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah pengetahuan.
3. Bagi pegawai, dapat
memperkenalkan program aplikasi apa saja yang digunakan pada perusahaan, agar
siswa yang melaksanakan Kerja Praktek dapat memahaminya.
4. Kedisiplinan
kerja pegawai lebih ditingkatkan lagi untuk menghasilkan produktivitas kerja
yang baik.
5. Penyimpanan
arsip lebih diperhatikan, karena arsip merupakan salah satu data yang sangat
penting.
6. Tiap jurusan harus diaktifkan
praktek saat jam praktek
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Nama :
TTL :
Magetan,
Alamat :
Kelas : XI AK 4
Jurusan : Akuntansi
No. Telp. :
Nama :
TTL :
Magetan,
Alamat :
Kelas : XI AK 4
Jurusan : Akuntansi
No. Telp. : 085708085830
Nama :
TTL :
Magetan,
Alamat :
Kelas : XI AK 4
Jurusan : Akuntansi
No. Telp. :
Nama :
TTL :
Magetan,
Alamat :
Kelas : XI AK 4
Jurusan : Akuntansi
No. Telp. :
KATA PENUTUP
Demikian
proposal ini kami sampaikan agar pada proses selanjutnya dapat berguna sebagai
kerangka acuan Tugas Akhir Semester 1 yang akan dilaksanakan oleh Siswa SMK
Negeri 1 Magetan Kelas XI Program Keahlian Akuntansi. Kami harapkan Ketua
Program Keahlian Akintansi dapat menyetujui dan menerima proposal yang kami
buat. Untuk ini kami siap dan bersedia untuk melaksanakan Praktik Kerja Industri
di Kantor Dinas Kesehatan Kab.Magetan.
Atas
perhatian dan kesediaan Ketua Program Keahlian Akuntansi kami mohon untuk menerima proposal
ini guna kelancaran Praktik Kerja Industri yang kami laksanakan dengan
sebaik-baiknya. Demikian kami ucapkan terima kasih.
Magetan, Oktober 2014
Mengetahui,
Ketua Program
Keahlian
Akuntansi Hormat
Kami
Drs.Aman Muhammad Syah , MM
NIP. 19660901 200501 1 010
Sands Casino and Resort: A South Shore Casino in the
BalasHapusYou can enjoy the best of gaming at Sands Casino and Resort in Michigan, 인카지노 as 샌즈카지노 well as the best in entertainment หารายได้เสริม and dining in Michigan.
El Yucateco - Best Mexican Restaurants in Las Vegas
BalasHapusEl Yucateco - Best 의왕 출장마사지 Mexican Restaurants in Las Vegas · 4131 대전광역 출장샵 Las Vegas 경상남도 출장샵 Blvd S. 대전광역 출장안마 · (702) 770-6000 · Visit Website 울산광역 출장안마 · https://www.elyucateco.com.